Strategi Pembelajaran Matematika
Interaksi di dalam kelas
Pada hakekatnya belajar matematika adalah berfikir dan berbuat atau mengerjakan matematika.Di sinilah makna dari strategi pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran aktif,yang di tandai oleh dua faktor.
Interaksi antara seluruh komponen dalam proses belajar mengajar, diantaranya antara dua komponen utama yaitu guru dan siswa
Berfungsinya secara optimal yang meliputi indra , emosi, karsa, karya, dan nalar. Hal itu dapat berlangsung antara lain jika proses itu melibatkan aspek visual, audio, maupun teks ( Anderson, 1981 ).
Pembelajran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Untuk memperoleh hasil belajar ,salah satu pendekatan umum yang dapat digunakan adalah pendekatan PAKEM ( Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenagkan). Secara ringkas PAKEM dapat diungkapkan sebagai berikut :
Dari segi guru
A = Aktif , guru aktif :
Memantau kegiatan belajar siswa
Memberi umpan balik
Mengajukan pertanyaan yang menantang
Mempertanyakan gagasan siswa
K = kreatif, guru :
Mengembangkan kegiatan yang beragam
Membuat alat Bantu belajar sederhana
E = Efektif, pembelajaran :
Mencapai tujuan pembelajaran
M = Menyenagkan , pembelajaran :
• Tidak membuat anak takut
Takut salah
Takut ditertawakan
Takut dianggap sepele
Dari segi siswa
A = Aktif , siswa aktif :
Bertanya
Mengemukan gagasan
Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya.
K = kreatif, siswa :
Merancang atau membuat sesuatu
Menulis atau mengarang
E = Efektif, siswa :
Menguasai keterampilan yang di perlukan
M = Menyenagkan pembelajaran membuat siswa :
Berani mencoba / berbuat
Barani bertanya
Berani mengemukan pendapat
Berani mempertanyakan gagasan orang lain
Beberapa teknik penyajian bahan ajar matematika
Peningkatan optimalisasinya komunikasi antara lain dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menguasai berbagai teknik dalm pembelajaran yang menyatu dalam setiap metode. Berikut ini diuraikan beberapa teknik untuk meningkatkan efektiftifitas pembelajaran.
Teknik menjelaskan
Menjelaskan merupakan salah satu bagian penting dalam proses kegiatan belajar mengajar . karena itu tekni ini sangat perlu dikuasai guru, namun dengan guru senantiasa membatasi diri agar tidak terjebak ceramah murni yang menghilangkan peranan siswa kecuali hanya mendengarkan atau bahkan hanya mendengar yang di kemukakan guru. Beberapa hal yang penting adalah :
Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dimengerti serta komunikatif
Ucapan hendaknya terdengar dengan jelas, lengkap, tertentu, dan dengan intonasi yang tepat
Bahan disiapkan dengan sistematis mengarah ke tujuan
Penampilan hendaknya menarik, diselingi, dengan gerak dan humor sehat
Adakan variasi atau selingan dengan metode lain, misalnya Tanya jawab, menggunakan alat Bantu seperti lembar peraga (chart)
Teknik bertanya
Ada pepetah dalam pembelajaran : “ Questioning is the heart of the teaching”, artinya pertanyaan adalah jantungnya pengajaran. Kalu demikian, ppengajaran tanpa bertanya, adalah pengajaran yang gersang. Untuk menggunakan Tanya jawab, perlu tujuan mengajukan pertanyaan, jenis dan tingkat pertanyaan, serta teknik mengajukanpertanyaan.
Tujuan mengajukan pertanyaan antara lain untuk :
1) Memotivasi siswa
2) Menyegarkan apresiaisi siswa
3) Memulai diskusi
4) Mendorong siswa agar berfikir
5) Mengarahkan perhatian siswa
6) Meggalakkan penyelidikan
7) Mendiagnosis / memeriksa tanggapan siswa
8) Menarik perhatian siswa
9) Mengundang pertanyaan siswa
Interaksi di dalam kelas
Pada hakekatnya belajar matematika adalah berfikir dan berbuat atau mengerjakan matematika.Di sinilah makna dari strategi pembelajaran matematika adalah strategi pembelajaran aktif,yang di tandai oleh dua faktor.
Interaksi antara seluruh komponen dalam proses belajar mengajar, diantaranya antara dua komponen utama yaitu guru dan siswa
Berfungsinya secara optimal yang meliputi indra , emosi, karsa, karya, dan nalar. Hal itu dapat berlangsung antara lain jika proses itu melibatkan aspek visual, audio, maupun teks ( Anderson, 1981 ).
Pembelajran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Untuk memperoleh hasil belajar ,salah satu pendekatan umum yang dapat digunakan adalah pendekatan PAKEM ( Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenagkan). Secara ringkas PAKEM dapat diungkapkan sebagai berikut :
Dari segi guru
A = Aktif , guru aktif :
Memantau kegiatan belajar siswa
Memberi umpan balik
Mengajukan pertanyaan yang menantang
Mempertanyakan gagasan siswa
K = kreatif, guru :
Mengembangkan kegiatan yang beragam
Membuat alat Bantu belajar sederhana
E = Efektif, pembelajaran :
Mencapai tujuan pembelajaran
M = Menyenagkan , pembelajaran :
• Tidak membuat anak takut
Takut salah
Takut ditertawakan
Takut dianggap sepele
Dari segi siswa
A = Aktif , siswa aktif :
Bertanya
Mengemukan gagasan
Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya.
K = kreatif, siswa :
Merancang atau membuat sesuatu
Menulis atau mengarang
E = Efektif, siswa :
Menguasai keterampilan yang di perlukan
M = Menyenagkan pembelajaran membuat siswa :
Berani mencoba / berbuat
Barani bertanya
Berani mengemukan pendapat
Berani mempertanyakan gagasan orang lain
Beberapa teknik penyajian bahan ajar matematika
Peningkatan optimalisasinya komunikasi antara lain dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menguasai berbagai teknik dalm pembelajaran yang menyatu dalam setiap metode. Berikut ini diuraikan beberapa teknik untuk meningkatkan efektiftifitas pembelajaran.
Teknik menjelaskan
Menjelaskan merupakan salah satu bagian penting dalam proses kegiatan belajar mengajar . karena itu tekni ini sangat perlu dikuasai guru, namun dengan guru senantiasa membatasi diri agar tidak terjebak ceramah murni yang menghilangkan peranan siswa kecuali hanya mendengarkan atau bahkan hanya mendengar yang di kemukakan guru. Beberapa hal yang penting adalah :
Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dimengerti serta komunikatif
Ucapan hendaknya terdengar dengan jelas, lengkap, tertentu, dan dengan intonasi yang tepat
Bahan disiapkan dengan sistematis mengarah ke tujuan
Penampilan hendaknya menarik, diselingi, dengan gerak dan humor sehat
Adakan variasi atau selingan dengan metode lain, misalnya Tanya jawab, menggunakan alat Bantu seperti lembar peraga (chart)
Teknik bertanya
Ada pepetah dalam pembelajaran : “ Questioning is the heart of the teaching”, artinya pertanyaan adalah jantungnya pengajaran. Kalu demikian, ppengajaran tanpa bertanya, adalah pengajaran yang gersang. Untuk menggunakan Tanya jawab, perlu tujuan mengajukan pertanyaan, jenis dan tingkat pertanyaan, serta teknik mengajukanpertanyaan.
Tujuan mengajukan pertanyaan antara lain untuk :
1) Memotivasi siswa
2) Menyegarkan apresiaisi siswa
3) Memulai diskusi
4) Mendorong siswa agar berfikir
5) Mengarahkan perhatian siswa
6) Meggalakkan penyelidikan
7) Mendiagnosis / memeriksa tanggapan siswa
8) Menarik perhatian siswa
9) Mengundang pertanyaan siswa
MATEMATIKA PEMBELAJARAN
4/
5
Oleh
Syaf