MODUL OTOMOTIF
BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI
Modul Merawat 10 jam operasi mesin (daily) dengan kode ABMR 020.01-1.A. berisi tentang materi dan informasi tentang prosedur perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin/unit alat berat pada berbagai keadaan. Selain itu diuraikan informasi tentang keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan terkait dengan penanganan perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin atau unit alat berat. Materi diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.
Modul ini disusun dalam 5 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar berisi materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materi, dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi jawaban test kemudian dibandingkan dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada. Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teroritis dan praktik. Uji teoritis dengan siswa menjawab pertanyaan yang pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada.
Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi perawatan keliling, tentang prosedur perawatan, pemeriksaan dan pengoperasian mesin/unit alat berat pada berbagai keadaan dengan sub kompetensi :
Perawatan keliling sebelum engine distart (semua unit alat berat).
Pemeriksaan engine saat dihidupkan
Pemeriksaan unit /mesin sambil dioperasikan.
Menghidupkan dan mematikan engine.
Mengoperasikan dan memarkir unit/mesin.
Siswa dapat melanjutkan ke modul berikutnya bila memenuhi kriteria kelulusan yang telah ditetapkan dalam modul ini.
B. PRASYARAT
Modul ini merupakan kompetensi lanjutan dalam bidang perawatan, pemeliharaan dan pengoperasian alat berat sehingga menuntut prasyarat untuk mempelajarinya. Prasyarat ini terdiri dari penguasaan kompetensi kompetensi sebelumnya melalui penguasaan modul-modul sebelumnya sebagai penunjang penggunaan modul ini. Kompetensi-kompetensi yang yang harus dikuasai terlebih dahulu adalah kompetensi seperti yang dimuat dalam modul dengan kode – kode ABMR 060.01-1A, ABMR 060.02-1A, ABMR030.01.1A, ABMR030.02.1A, ABMR030.03.1A, ABMR030.04.1A, ABMR070.06.1A, ABMR070.02.1A, ABMR070.03.1A, ABMR070.04.1A, ABMR070.05.1A, ABMR070.01.1A dan lain-lain.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN
1. Petunjuk Bagi Siswa
Lakukan cek kemampuan untuk mengetahui kemampuan awal yang anda kuasai, sebelum membaca modul lebih lengkap.
Bacalah modul secara seksama pada setiap kegiatan belajar, bila ada uraian yang kurang jelas silakan bertanya pada guru/ instruktur.
Kerjakan setiap test formatif pada setiap kegiatan belajar, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman saudara terhadap materi yang disampaikan, klarifikasi hasil jawaban saudara pada kumpulan lembar jawaban yang ada.
Lakukan latihan setiap sub kompetensi sesuai dengan lembar kerja
Perhatikan petujuk keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan kerja yang termuat pada lembar kerja.
Lakukan latihan dengan cermat, teliti dan hati-hati. Jangan melakukan pekerjaan yang belum anda pahami dengan benar.
Bila saudara siap mintalah guru untuk menguji kompetensi saudara.
2. Petunjuk Bagi Guru/Instruktur
Guru/instruktur bertindak sebagai fasilitator, motivator, organisator dan evaluator. Jadi guru/instruktur berperan :
Fasititator yaitu menyediakan fasilitas berupa informasi, bahan, alat, training obyek dan media yang cukup bagi siswa sehingga kompetensi siswa cepat tercapai.
Motivator yaitu memotivasi siswa untuk belajar dengan giat, dan mencapai kompetensi dengan sempurna
Organisator yaitu bersama siswa menyusun kegiatan belajar dalam mempelajari modul, berlatih keterampilan, memanfaatkan fasilitas dan sumber lain untuk mendukung terpenuhinya kompetensi siswa.
Evaluator yaitu mengevaluasi kegiatan dan perkembangan kompetensi yang dicapai siswa, sehingga dapat menentukan kegiatan selanjutnya.
D. TUJUAN AKHIR
Tujuan akhir dari modul ini adalah siswa mempunyai kompetensi :
Menjelaskan prosedur perawatan preventive pada alat-alat berat dengan teknik yang baik dan benar.
Menjelaskan prosedur perawatan korektif pada alat-alat berat dengan teknik yang baik dan benar.
Memahami dan menjelaskan ruang lingkup perawatan harian sebelum engine di start.
Memahami penggunaan manual book/service manual book.
Memahami teknik pemeriksaan keliling machine sebelum engine distart.
Menjelaskan tujuan pemeriksaan engine saat hidup
Menjelaskan lingkup pemeriksaan engine saat hidup
Melakukan pemeriksaan engine saat hidup
Mengetahui dan menjelaskan tujuan pemeriksaan engine sambil dihidupkan.
Mengetahui dan menjelaskan lingkup pemeriksaan engine sambil dihidupkan.
Mengetahui dan menjelaskan teknik pemeriksaan engine sambil dihidupkan.
Mengetahui dan mampu menjelaskan prosedur menghidupkan engine/mesin pada saat temperatur normal.
Mengetahui dan mampu menjelaskan prosedur menghidupkan mesin/engine pada tempratur dingin.
Mengetahui dan mampu menjelaskan prosedur mematikan mesin.
Mengetahui dan menjelaskan prosedur pengoperasian unit/machine bergerak maju, mundur, dan belok.
Mengetahui dan menjelaskan prosedur memarkir unit/machine pada kondisi temperatur freezing dan normal.
E. KOMPETENSI
Kompetensi merawat 10 jam operasi (daily, kode ABMR 020.01-1.A dengan durasi pemelajaran 20 jam @ 45 menit ini terdiri dari 5 sub kompetensi, yaitu :
Perawatan keliling sebelum engine distart (semua unit alat berat).
Pemeriksaan engine saat dihidupkan
Pemeriksaan unit /mesin sambil dioperasikan.
Menghidupkan dan mematikan engine.
Mengoperasikan dan memarkir unit/mesin. Kriteria kinerja, lingkup belajar, materi pokok dalam pemelajaran dapat dilihat pada tabel di halaman selanjutnya.
Merawat 10 Jam Operasi Mesin (Daily)
4/
5
Oleh
Syaf